Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Pilihan Cara Mengganti Template Wordpress yang Mudah

Wordpress pertama kali hadir sekitar tahun 2003, keberadaannya langsung disambut antusias. Tidak heran jika saat ini banyak sekali penggunanya. Namun, tahukah bagaimana menggunakannya dan cara mengganti template Wordpress?

Wordpress adalah salah satu salah Content Management System (CMS) yang sangat populer tidak hanya di Indonesia saja.  Melainkan di seluruh belahan dunia kebanyakan lebih memilih Wordpress. Alasannya tentu saja karena memiliki banyak keunggulan.

Cara Mengganti Template Wordpress yang Mudah


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Wordpress digunakan oleh banyak pengguna di dunia karena kelebihannya.  Berikut merupakan beberapa keunggulan yang dimilikinya: 

WordPress adalah CMS yang gratis

Sangat Fleksibel dan mudah cara menggunakannya

Memiliki pengaturan SEO friendly

CMS Paling Aman terdampak hacker

Memiliki banyak dukungan dan komunitas yang cukup besar

Memiliki pengaturan cara mengganti template yang mudah

Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, sangat membantu sekali banyak penggunanya untuk mengubah berbagai pengaturan. Salah satunya adalah cara mengganti template Wordpress. 

Meskipun sudah dibuat sedemikian mudahnya, namun tetap saja bagi pengguna yang awam masih merasa kesulitan. Untuk itu, artikel ini akan memberikan tutorial cara mengubahnya dengan singkat dan tepat, dan tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Cara Login dan Install Template Wordpress pada Bagian Dashboard


Jika saat ini sedang ingin mengubah template, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login terlebih dahulu. Setelah itu, masuk pada bagian dashboard.

Kemudian dilanjutkan dengan membuka Menu Appearance yang ada pada bagian sebelah kiri. Lalu, dilanjutkan dengan memilih Menu Theme dan silahkan tekan tombol Add New.

Disini akan ditemukan banyak sekali template gratis yang disediakan oleh Wordpress. Maka, silakan pilih template mana yang sudah sesuai dengan keinginan. 

Jika sudah ada yang dipilih, dilanjutkan dengan memilih Menu install.

Setelah berhasil diinstal maka template tersebut sudah aktif. Untuk mengeceknya, silakan kunjungi domain yang digunakan saat ini. Tentunya untuk memastikan apakah template tersebut sudah berubah atau belum

2. Cara Mengganti Template WordPress dengan Menggunakan Sistem Upload File yang Diinginkan


Selain cara yang dijelaskan di atas,  ada pun pilihan lain yang dapat dilakukan. Yaitu dengan menggunakan sistem upload foto atau file pribadi. 

Cara ini sangat berguna jika dikemudian hari ingin mengubah template dengan versi yang berbayar. Sebab, mungkin saja template yang disediakan gratis oleh Wordpress selama ini membuat jenuh. Dengan begitu, solusinya adalah dengan melakukan cara ini.

Sebelum menggantinya, terlebih dahulu lakukan pengunduhan dan lanjutkan dengan cara mengunggah file jenis .zip. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa template yang akan diunduh berasal dari sumber terpercaya.

Sebab, ada banyak sekali template bajakan yang akan mempengaruhi keamanan yang menjadikannya mudah terkena malware. Agar dapat memahaminya dengan mudah, silakan simak tutorial berikut:

Langkah pertama, silakan unduh file template yang diinginkan. 

Pastikan file tersebut telah berbentuk .zip dan berasal dari sumber terpercaya.

Lakukan login akun Wordpress dan lanjutkan membuka Menu Appearance yang tersedia di bagian dashboard. 

Lanjutkan dengan memilih Tema dan tekan tombol Add New.

Selanjutnya, upload theme dan tekan tombol browse.

Silakan dilanjut dengan mengunggah file maupun foto yang dipilih sebelumnya.

Lanjutkan dengan mengubahnya menjadi template pada Wordpress.

Jika proses pengunggahan sudah selesai, silakan tekan menu instal Now.

Jika sudah selesai terinstal, sebagai langkah terakhir silakan aktifkan foto atau file yang sudah terinstal tadi dengan cara menekan tombol activate. 

Selesai. Kini tampilan template pada Wordpress sudah selesai diubah.

Seperti itulah 2 tutorial cara mengganti template Wordpress yang dapat dipilih. Apapun cara yang akan digunakan, pastikan untuk melakukannya sesuai dengan tutorial di atas ya. Semoga bermanfaat.