Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian SEO On page dan Off page, Yuk, Kulik !

Inginkan posisi website berada di traffic teratas pada mesin pencarian Google? Penting untuk mengetahui pengertian SEO On Page dan Off Page agar hal itu tercapai. SEO atau Search Engine Optimization  merupakan suatu langkah upaya optimalisasi website atau blog supaya bisa memperoleh peringkat lebih baik di hasil pencarian Google secara organik. 

Terdapat dua teknik untuk melakukan optimalisasi SEO, yaitu teknik SEO On Page dan Off Page. Jika, kedua teknik tersebut bisa optimal, maka mampu memberikan hasil yang baik pada website. Penasaran dengan sepak terjang teknik SEO untuk website atau blog lebih baik simak penjelasannya lebih lanjut disini.   

Perbedaan Pengertian SEO On Page dan Off Page 


Bagi pemilik bisnis online, website, dan blogger pasti akrab dengan SEO sebab mau tidak mau mesti bersinggungan untuk meningkatkan traffic di halaman pertama Google. Pastinya teknik SEO On Page dan Off  Page sangat penting dilakukan karena menentukan keberhasilan kampanye optimasi mesin pencari. 

Penjelasan SEO On Page 

SEO On Page merupakan suatu teknik untuk melakukan optimasi di dalam website dengan memaksimalkan konten dan beberapa hal teknis pada halaman situs. Melakukan proses pemaksimalan untuk SEO On Page hanya internal saja tanpa melibatkan pihak luar. 

Teknik SEO On Page adalah salah satu faktor terbesar untuk menentukan urutan situs. Menunjang terciptanya website berkualitas dan kredibel perlu menerapkan suatu dasar-dasar SEO. Oleh karena itu, segera melakukan penerapan dasar-dasar atau komponen dalam SEO On Page berikut ini: 

    • Title Tag

    • Meta Description

    • URL (Uniform Resource Locator) 

    • Headings 

    • Alt Text untuk Gambar 

    • Page Speed

    • Konten Halaman

    • Link To Site Authority

    • Internal Link

    • Mobile Friendliness

Penjelasan SEO Off Page 

Jika sudah mengetahui tentang SEO On Page. Maka, pengertian SEO Off Page adalah melakukan suatu teknik optimasi di luar website. Tujuan dari SEO Off Page untuk membuat website berada di halaman teratas pada mesin pencarian Google. 

Jika, akan melakukan hal itu bisa dengan cara meningkatkan domain authority melalui backlink, link building, atau dengan aktivitas pengoptimalan eksternal website lainnya. Maka dari itu, perlu menggunakan komponen-komponen yang dapat mendukung kinerja teknik promosi website, seperti: 

    • Promosi Sosial

    • Blacklink

    • Domain Authority

Manfaat dari SEO On Page dan SEO Off Page 

Pengertian SEO On page dan Off page, Yuk, Kulik!

Menarik perhatian pengunjung melalui SEO On Page sebagai hal yang berhubungan dengan halaman website. Ketika pengunjung masuk ke halaman website, maka akan melihat tampilan, konten, dan lainnya yang telah dioptimalisasi sebelumnya. Begitu juga, pada SEO Off Page yang sudah memperoleh sentuhan maksimal. Berikut manfaat dari SEO On Page dan Off Page: 

Manfaat SEO On Page 

    1. Memudahkan proses marketing 

    2. Meningkatkan brand awareness

    3. Fokus pada tampilan website

    4. Meningkatkan kecepatan website

Manfaat SEO Off Page

    1. Meningkatkan SERP (Search Engine Result Pages) 

    2. Tingkatkan PageRank

    3. Website menjadi dikenal banyak orang 

Mana yang Lebih Penting antara SEO On Page dan Off Page?

Setelah mengetahui pengertian SEO On Page dan Off Page dan lainnya. Keduanya itu mempunyai peran penting dan harus dilakukan secara bersamaan. Langkah awal secara perlahan untuk melakukan teknik SEO On Page pada website menjadi berkualitas dan user friendly. Sesudah itu, lakukan teknik SEO Off Page agar menarik pengunjung lebih banyak. 

Pengertian SEO On Page dan Off Page sebagai upaya membuat konten terlihat lebih berkualitas agar pembaca lebih senang dan bisa terdeteksi mesin pencari Google. Serta, website lebih memiliki kredibilitas tinggi, sehingga memperoleh kepercayaan dari Google untuk ditaruh di urutan teratas. Jadi, maksimalkan kedua teknik tersebut.