Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Meta Deskripsi dan Cara Membuatnya

Pernahkah mendengar tentang meta deskripsi? Bagian ini sangat berkaitan dengan konten yang seseorang unggah ke situs atau blog. Bagi pemula, kemungkinan masih asing dengan hal ini dan belum tahu pengertian meta deskripsi. 

Maka dari itu, kenali lebih lanjut melalui pembahasan dalam artikel ini. Selain membahas definisinya, juga akan memaparkan mengetahui cara membuat meta deskripsi yang baik. 

Pengertian Meta Deskripsi


Pengertian meta deskripsi yaitu tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai sebuah konten. Jadi, meta deskripsi itu akan tampil di bawah URL konten atau halaman situs tersebut. 

Dengan begitu, pengunjung bisa mengetahui secara garis besar tentang pembahasan di dalamnya. Adanya deskripsi seperti ini, bisa menghasilkan nilai SEO yang tinggi. Jadi, trafik atau jumlah pengunjung pun bisa meningkat. 

Maka dari itu, pembuatan meta deskripsi tidak boleh asal-asalan. Sebab, akan sangat berpengaruh terhadap ketertarikan pengunjung untuk mengklik konten tersebut. Jadi, sebaiknya ketahui cara membuat meta deskripsi yang baik. 

Cara Membuat Meta Deskripsi yang Baik

Setelah mengetahui pengertian meta deskripsi, selanjutnya ketahui cara pembuatan yang baik seperti apa. Sebenarnya membuat meta deskripsi sangat mudah, asalkan menggunakan langkah yang tepat. Sebagaimana penjelasan berikut. 



    1. Tidak Melebihi 155 Karakter

Sebenarnya tidak ada batasan khusus seberapa panjang meta deskripsi. Hanya saja pada penilaian SEO biasanya tidak boleh melebihi 155 karakter. Hal itu karena panjang yang ditampilkan di bawah URL sekitar jumlah tersebut. 

Jadi, jika terlalu panjang akan terpotong dan bisa membuat deskripsi konten kurang menarik. Penulis atau pemilik situs harus paham mengenai hal ini agar semua pesan tersampaikan. 

    2. Memakai Kalimat Aktif

Pada meta deskripsi sebaiknya gunakan kalimat aktif dan jelas. Dengan begitu, siapa saja yang membaca akan mengerti maksud dari gambaran tersebut. Mengingat pengunjung di situs hadir dari berbagai kalangan. 

Jadi, jangan terlalu bertele-tele dan langsung saja ke inti deskripsi dan buat dengan kata-kata yang menarik. Jika demikian, pengunjung akan tahu manfaat apa yang akan didapatkan jika masuk ke dalam situs tersebut. 

    3. Menyertakan CTA

CTA merupakan singkatan dari Call to Action. Sedangkan, pengertiannya sendiri adalah sebuah ajakan kepada pembaca agar melakukan tindakan. Contohnya seperti kalimat coba sekarang, cek di sini, cari tahu lebih lanjut, dan lainnya. 

    4. Menyertakan Keyword dalam Meta Deskripsi

Kata kunci di dalam sebuah konten termasuk bagian yang penting. Keyword atau kata kunci adalah kata-kata yang biasa pengunjung ketikkan di mesin pencarian. Maka dari itu, mengapa dalam meta deskripsi juga harus menyertakannya

Contoh, kata kuncinya adalah cara menulis blog. Jadi, jika ada yang mengetikkan kalimat tersebut, maka situs tersebut akan direkomendasikan juga. Akan tetapi, jika di meta deskripsi tidak ada kata kunci, maka peluang rekomendasinya akan kecil. 

    5. Sesuaikan dengan Isi Konten

Kalimat dari meta deskripsi harus sesuai dengan isi konten. Jadi, pengunjung benar-benar mendapatkan apa yang dicari. Untuk ke depannya pun, pengunjung selalu percaya dan bisa menjadi pembaca setia. 

    6. Membuat Meta Deskripsi yang Unik

Cara membuat meta deskripsi yang terakhir adalah harus unik. Sesuatu yang unik tidak hanya kalimat panjang yang memikat. Kalimat pendek pun bisa menjadi unik sesuai kreatifitas dari penulis. 

Jadi, meskipun banyak pembahasan yang serupa tetap tidak kalah saing. Malah pengunjung akan lebih tertarik dengan meta deskripsi yang unik. Sebenarnya tidak membuat meta deskripsi pun akan tetap tersedia di bawah URL. 

Kenapa demikian? Karena nantinya Google akan mengambil sebagian dari kalimat isi konten yang ada kata kuncinya. Namun, pemilihannya tentu akan random dan belum tentu bisa memikat pengunjung. 

Maka dari itu, lebih baik membuatnya sendiri. Apalagi sudah mengetahui pengertian meta deskripsi dan cara membuatnya dengan jelas dari pembahasan di atas. Jadi, bisa langsung dipraktikkan dari sekarang.