Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memasang Iklan Google Adsense di Postingan Blogger

Cara memasang iklan Google Adsense di postingan blogger, sebenarnya sangat mudah, bahkan bagi blogger pemula sekalipun. Hal yang paling diperlukan adalah kemauan dan ketelitian. Ada beberapa cara yang agak panjang, namun semua tetap dapat dilakukan.

Bagi para blogger, memasang iklan menjadi salah satu cara 'meng-uangkan' kemampuan menulisnya di blog, seperti fee menulis. Bahkan jika traffic blog tinggi, akan semakin banyak pula feenya. Menarik, bukan? Blogger tinggal memastikan traffic pengunjung selalu tinggi.

4 Cara Memasang Iklan Google Adsense di Postingan Blogger


AdSense merupakan layanan iklan dari Google yang memungkinkan blogger (pemilik blog) menampilkan iklan di blog atau situs yang dimiliki. Layanan iklan ini selain paling mudah digunakan, juga memiliki jaringan iklan terbaik. Merupakan salah satu layanan yang paling banyak dipercaya blogger.

Ditambah lagi komisinya lebih besar  dari layanan lain, sehingga bisa diandalkan untuk menjadi passive income dengan hasil lumayan. Cara memasang iklan Google Adsense di postingan blogger pun relatif mudah dilakukan. Berikut beberapa cara yang dapat blogger lakukan:

1. Cara Memasang Iklan Google Adsense di Postingan Blogger di Dashboard

Bagi blogger yang mendaftar AdSense melalui Dashboard blogger, maka akun AdSense-nya sudah otomatis ditautkan ke Dashboard. Sehingga dapat memasang iklan AdSense melalui menu penghasilan.  Cara ini paling mudah dilakukan, tapi penempatan iklannya sangat terbatas. 

Pertama-tama, masuk ke menu Dashboard Blogger, lalu klik menu Penghasilan. Kemudian pada menu Tampilkan iklan di blog, klik Ya. Setelah itu pilih diantara 3 opsi penempatan iklan, sesuai keinginan blogger. Kemudian klik Simpan setelan.

2. Menggunakan Widget 

Dengan widget Adsense, blogger dapat memilih penempatan iklan. Pertama-tama, masuk ke akun Adsense blogger, lalu buat unit iklan baru, dan salin kode unitnya.

Setelah itu, masuk ke Dashboard blogger, klik menu Tata letak, lalu klik Widget di tempat yang diinginkan. Kemudian tempel kode unit iklan tadi. Klik menu Simpan, dan cek tampilan iklan.

3. Menggunakan Widget HTML/JavaScript

Banyak blogger yang mengatakan jika cara ini agak rumit, meski sebenarnya tidak juga. Sebaiknya lakukan dengan teliti setiap langkahnya, agar tidak bingung. Masuk ke akun Adsense blogger terlebih dahulu, lalu buat unit iklan baru, dan salin kodenya. 

Selanjutnya masuk ke Dashboard blogger, klik menu Tata letak dan klik Tambahkan gadget di tempat yang diinginkan. Setelah itu masuk ke gadget HTML/JavaScript, dan salin kode unit iklan tadi. Abaikan bagian judul, lalu klik Simpan, dan cek ulang iklan.

4. Di Sekitar Postingan 

Untuk iklan di atas atau bawah postingan, edit kode unit iklan lalu pasang langsung di template. Jika menggunakan template lain dan tidak bisa menggunakan cara ini, maka coba cara lainnya. 

Masuk ke akun Adsense blogger, lalu buat unit iklan baru, dan salin kodenya. Setelah itu tempel kode iklan kemudian salin kembali kode (dua kali). Selanjutnya masuk ke Dashboard blogger, klik menu Tema, lalu klik menu Edit HTML, dan cari kode berikut:

<div class='post-body-artikel'>

(kode iklan)

<data:post.body/>

(kode iklan)

</div>

Jika blogger ingin menampilkan iklan di atas postingan, tempel kode iklan di atas <data:post.body/>. Demikian pula sebaliknya, jika iklan ingin ditampilkan di bawah postingan, salin kode iklan di bawah <data:post.body/>. Setelah itu, klik Simpan tema.

Semua cara memasang iklan Google Adsense di postingan blogger, mudah, bukan? Ada beberapa cara yang agak panjang, memang. Namun dengan ketelitian, tetap bisa digunakan.