Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Khas Magelang Paling Populer

Makanan Khas Magelang

Yang sedang berada di Magelang maupun orang asli Magelang yang berada di perantauan tentunya sangat kangen dengan makanan khas Magelang. Apalagi makanan khas daerah Magelang juga ada berbagai macam jenis. Mulai dari makanan ringan maupun beberapa lauk pauk dengan bumbu khas daerah yang sampai saat ini juga masih terjaga.

Kota dengan julukan sejuta bunga ini juga mempunyai banyak objek wisata, baik dari daerah pegunungan dan berbagai pemandangan alam nan nan mempesona. Bahkan salah satu situs cagar budaya berupa candi Borobudur juga berdiri megah di Magelang.

Magelang mempunyai letak geografis di dekat dan berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Oleh karena itu tak heran jika kota yang satu ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Magelang menyimpan banyak kuliner khas yang belum tentu Anda dapatkan di daerah lain.

10 Makanan Khas Magelang Paling Terkenal

Ada beberapa kuliner khas Magelang yang bisa menggugah selera makan Anda jika Anda berkunjung ke berbagai wisata di kota ini. Misalnya saja,

1. Gethuk Trio

Makanan Khas Magelang

Makanan khas Magelang yang satu ini memang menjadi produk khas dan banyak dijual di berbagai tempat oleh-oleh. Tak heran jika cemilan khas Magelang ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan Gethuk trio ini tidak bakalan Anda temukan di daerah lain.

Oleh-oleh yang terbuat dari bahan baku singkong pilihan yang dihaluskan ini tentunya mempunyai keunikan tersendiri. Baik dalam teknik pengolahannya maupun dalam segi estetik penyajian. Getuk dengan konsep tampilan warna-warni ini juga bisa menambah rasa penasaran dan mendongkrak daya jual yang bahkan sampai di beberapa tempat oleh-oleh di Magelang bisa Anda jumpai.

Untuk mendapatkan makanan khas Magelang yang satu ini tidaklah sulit, bahkan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Tinggal menuju toko oleh-oleh terdekat saja sudah bisa mendapatkannya.

2. Mangut Lele

Makanan Khas Magelang

Mangut, menjadi ciri khas masakan dengan olahan ikan dan bumbu khas yang juga menjadi makanan khas Magelang. Bahkan beberapa tempat makan di kawasan wisata yang ada di Magelang juga pasti menyediakan menu andalan yang satu ini.

Disajikan dengan dengan ciri khas bumbu campuran santan dan perpaduan kunyit sehingga berwarna kuning yang dari aroma penyajiannya saja bisa menggugah nafsu makan.

3. Mangut Beong

Makanan Khas Magelang

Beong, salah satu ikan yang memang kebanyakan habitatnya ada di sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di kota Magelang. Untuk jenis makanan khas Magelang yang satu ini bisa Anda jumpai di beberapa tempat wisata besar. Seperti misalnya saja di kawasan candi Borobudur.

Seperti halnya dengan mangut ikan lele, namun untuk bahan ikan memang asli dari ikan Beong.

4. Nasi Goreng Magelangan

Makanan Khas Magelang

Makanan khas Magelang memang unik. Salah satunya nasi goreng Magelangan. Terdengar masih sama saja dengan nasi goreng yang ada di daerah lain. Namun terlihat berbeda dari cara penyajian dan berbagai perpaduan teknik masak yang digunakan.

Nasi goreng Magelangan memang terbilang unik. Nasi goreng dengan perpaduan mie dan beberapa sayur maupun telur ayam. Penyajian juga menggunakan kerupuk khusus nasi goreng seperti pada umumnya.

5. Sop Senerek

Makanan Khas Magelang

Sop senerek merpakan salah satu makanan penghangat tubuh. Sangat identik dengan nuansa dari daerah Magelang yang sejuk dan termasuk daerah dengan dataran tinggi yang kadang juga sangat dingin.

Sop ini terdiri dari campuran daging, perpaduan bumbu rempah, sayuran dan kacang. Sop yang sangat nikmat ini memang bisa menghangatkan tubuh.

6. Urap Kluban Magelangan

Makanan Khas Magelang

Kluban urap khas magelangan memang terdiri dari berbagai sayuran. Kluban dalam bahasa jawa, jenis makanan yang terdiri dari berbagai campuran sayuran yang direbus lebih dulu sampai matang.

Kemudian dalam penyajiannya menggunakan urap. Ini terbuat dari parutan kelapa yang dipadu dengan bumbu rempah dan dikukus sampai matang. Nuansa pedas dan gurih bisa Anda rasakan lewat makanan khas Magelang yang satu ini.

7. Buntil Daun Talas

Makanan Khas Magelang

Buntil terbuat dari daun talas yang di rebus. Daun talas berisikan urap dan diebus sampai matang. Kemudian disajikan dengan nasi putih Perpaduan pedas, gurih dan berbagai bubu rempah bisa Anda rasakan. Harganya juga sangat terjangkau dan tidak bakal menguras kantong Anda.

8. Opor Entok

Makanan Khas Magelang

Opor dengan daging ayam memang sering Anda rasakan. Namun kalau daging Entok tentu sangat jarang Anda nikmati. Opor dengan bumbu racikan khas tentu bisa Anda rasakan ketika Anda berkunjung ke Magelang.

Harga dari jenis makanan khas Magelang yang satu ini memang sangat terjangkau. Bahkan juga sangat mudah didapatkan di berbagai kawasan wisata di kota Magelang. Entok dalam bahasa jawa, kalau lebih terkenalnya dengan nama angsa.

9. Blendrang

Makanan Khas Magelang

Blendrang merupakan makanan khas Magelang mirip dengan bubur. Namun dipadukan dengan berbagai daging yang biasanya daging sapi maupun daging ayam. Makanan khas Magelang yang satu ini juga agak sulit untuk mendapatkannya. Hanya ada di beberapa daerah tertentu di Magelang.

10. Sego Godog

Makanan Khas Magelang

Sego godog memang jarang dijumpai di daerah lain. Sego godog merupakan salah satu makanan khas Magelang yang sekarang ini sudah jarang dijumpai. Sego godog merupakan perpaduan nasi di rebus dengan tomat, kol dan berbagai bumbu rempah lainnya.

Demikian beberapa makanan khas Magelang yang bisa Anda nikmati ketika Anda berkunjung di kota sejuta bunga ini. Selain banyak makanan khasnya, kota Magelang juga mempunyai banyak destinasi wisata. Yuk ke Magelang !