Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Riset Keyword, Apa Itu, Tujuan, dan Aplikasi yang Bisa Membantu Pencarian

Ketika akan membuat sebuah konten untuk website, riset keyword sangat diperlukan. Tapi, ada beberapa orang yang merasa kesulitan mengetahui caranya. Sebelum membahas cara mencari riset keyword, ketahui terlebih dahulu pengertian riset keyword. 

Riset keyword merupakan hal penting yang harus dilakukan. Memakai keyword yang tepat akan memberikan  pengaruh yang besar, misalnya menaikkan trafik pada mesin pencari.  Sebelum masuk membahas tentang bagaimana melakukan riset keyword, pahami pengertiannya. 

Pengertian Riset Keyword 


Nama lain keyword adalah kata kunci yang sering dipakai oleh seseorang ketika mencari sesuatu dengan melakukan mesin pencari. Seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Sedangkan pengertian riset keyword adalah proses untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk membuat artikel di blog atau website. 

Adanya riset ini bisa mengetahui apa saja yang sering dipakai oleh orang ketika memakai search engine. Ketika melakukan riset keyword juga bisa mengetahui kata kunci yang  bisa memberikan trafik yang tinggi terhadap artikel yang dibuat. 

Tidak sedikit yang bertanya, mengapa riset keyword sangat penting? Tentu saja penting, karena riset keyword berfungsi sebagai penentu kata kunci yang potensial. Sehingga bisa mengetahui topik apa saja yang kini banyak dicari oleh orang melalui search engine. 

Ketika mengetahui topiknya, maka langkah selanjutnya adalah membuat artikel yang berkualitas dengan bahasan keyword tersebut. jika tidak melakukan riset keyword, maka jangan harap artikel yang dibuat akan memiliki trafik yang tinggi. Namun tidak memungkinkan juga, meskipun memakai keyword yang tepat, tapi trafiknya rendah. 

Kenapa demikian? Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti keyword tersebut mempunyai volume pencariannya rendah atau tingkat kesulitannya juga rendah. Bisa juga artikelnya kurang berkualitas. 

Meskipun sudah mengetahui betapa pentingnya melakukan riset keyword, namun masih banyak yang tidak mengetahui kalau untuk mencari riset keyword hanya bisa memakai aplikasi saja. Apa saja aplikasi tersebut, simak ulasan selanjutnya. 

Beragam Aplikasi Gratis untuk Melakukan Riset Keyword 


Tidak banyak yang mengetahui kalau untuk mencari riset keyword hanya melalui aplikasi. Bahkan aplikas-aplikasi tersebut gratis tanpa biaya. Sehingga bisa membantu untuk mencarikan kata kunci yang tepat untuk website atau blog yang akan dibuat. Berikut aplikasinya. 

1. Aplikasi Ubersuggest 

Aplikasi ini akan memberikan data dari Google dan search engine melalui kata kunci pertama. Bisa juga menambahkan angka atau huruf dalam kata kunci. Selain itu, ada juga saran penggunaan keyword. 

2. Aplikasi Keyword Tool

Aplikasi ini hampir sama dengan Ubersuggest, yaitu sama-sama memakai konsep Google Autocomplete. Tapi, Keyword Tool lebih baik, karena aplikasi ini bisa memberikan saran kata kunci sampai 750 macam. Keyword Tool merupakan aplikasi yang sifatnya user friendly. 

3. Aplikasi Eye (Basic)

Merupakan aplikasi yang paling menarik diantara aplikasi pencari keyword lainnya. aplikasi ini akan memberikan visual berbagai warna-warni dan ukuran yang berbeda pada tiap kata kunci. Sehingga penampilannya sangat cantik dan enak dilihat. 

Bukan hanya itu saja, aplikasi Keyword eye mempunyai 2 jenis, yaitu berbayar dan yang gratis. Versi tidak berbayarnya tidak kalah bagus, karena bisa memberikan saran kata kunci sampai jumlahnya 20. Selain itu, semua data yang diberikan oleh Keyword Eye mudah dipahami seluruhnya. 

4. WordStream Free Keyword Tool

Meskipun fiturnya terbatas, aplikasi ini masih bisa memberikan saran kata kunci yang lebih baik dibandingkan lainnya yang sejenis. Apalagi semua sarannya lebih relevan. Sehingga bisa mewakili lebih banyak jumlahnya untuk permohonan pencarian. 

Itulah pengertian riset keyword dan beberapa aplikasi untuk membantu dalam pencariannya. Tenang saja, aplikasi di atas semuanya tidak berbayar alias gratis. Ingat, lakukan riset keyword sebelum membuat artikel. Sehingga sesuai dengan topik yang kini lebih banyak dicari oleh masyarakat luas.  Selamat mencoba.