Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Mudah Mencarinya

Untuk menaikkan peringkat tinggi suatu konten di Google, tidak hanya sekedar membutuhkan riset keyword, melainkan juga long tail keyword. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian long tail keyword.

Para ahli yang menawarkan layanan SEO sudah menggunakan long tail keyword untuk sementara, waktu sekarang dan masih bekerja. Jika cara penggunaanya benar, tentu ini dapat menjadi strategi menarik untuk memanfaatkan traffic penelusuran tinggi.

Pengertian Long Tail Keyword

Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Mudah Mencarinya

Long tail keyword memiliki arti kata kunci yang spesifik dan bervolume kecil, sehingga tingkat persaingannya menjadi lebih rendah. Barangkali banyak yang mengira bahwa long tail keyword itu panjang dan terdiri atas tiga kata atau lebih. Namun, sebenarnya long tail keyword bisa saja terdiri dari dua kata, asal lebih spesifik dan tingkat persaingannya rendah.

Meskipun long tail keyword bervolume rendah, tetapi lebih tepat sasaran dibandingkan short tail keyword. Karena kata kunci ini memiliki target yang sangat spesifik. Dengan begitu, ada kemungkinan besar kata kunci tersebut menampilkan hasil pencarian yang benar-benar dicari oleh pengguna.

Tujuan Penggunaan Long Tail Keyword

Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Mudah Mencarinya

Tujuan penggunaan keyword tentunya untuk memudahkan pencarian indeks dari apa yang sedang dicari, begitu pula dengan long tail keyword. Berikut ini tujuan penggunaan long tail keyword:

1. Membantu Menaikkan Peringkat pada Short Tail Keyword

Biasanya, long tail keyword menyertakan short tail keyword yang besar kemungkinan ingin rangking. Hal ini tentu memudahkan dalam mencapai tujuan dalam meningkatkan peringkat untuk keyword utama tersebut dan yang spesifik yang ditargetkan. 

2. Mendatangkan Banyak Trafik

Topik yang memiliki banyak long tail keyword, maka trafik organik yang datang juga akan lebih banyak. Karena, tidak hanya menargetkan satu keyword utama saja pada topik tersebut, tetapi banyak keyword sekaligus. Dengan begitu, nantinya website akan muncul pada setiap pencarian dari masing-masing kata kunci long tail keyword yang ditargetkan tersebut.

3. Meningkatkan Conversion Rate

Pengguna internet yang mencari dengan long tail keyword cenderung siap untuk melakukan pembelian dibandingkan dengan pencarian short tail keyword. Karena long tail keyword sangat spesifik.

Misalnya, pencarian dengan keyword "pakaian wanita". Tentunya keyword tersebut sangat luas, bukan? orang yang mencari dengan keyword tersebut bisa jadi hanya sekedar ingin tahu model pakaian wanita dan belum siap untuk membeli. Namun, apabila seseorang memasukkan secara lebih spesifik, misalnya "pakaian wanita kekinian yang murah", artinya ia sudah lebih dekat untuk melakukan pembelian.

Cara Mencari Long Tail Keyword

Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Mudah Mencarinya

Setelah memahami pengertian long tail keyword, sekarang ketahui pula cara mencarinya. Berikut cara mencari long tail keyword:

1. Menggunakan "Penelusuran yang Terkait dengan.."

Biasanya saat menggeser ke paling bawah halaman hasil pencarian Google, akan terdapat bagian yang bernama "Penelusuran yang terkait dengan...". Ini merupakan salah satu cara menemukan long tail keyword dengan mudah.

2. Menggunakan Google Autocomplete

Mencari long tail keyword menggunakan Google Autocomplete ini terbilang efektif, karena fitur ini berasal dari Google langsung. Pastinya, hal itulah yang memang dicari orang-orang di Google. Cara menggunakan Google Autocomplete, yaitu cukup dengan mengetikkan keyword sesuai keinginan.

3. Menggunakan Soovle

Soovle merupakan tool gratis yang bisa mengumpulkan keyword dari Google, Yahoo, Wikipedia, Bing, Amazon, Youtube dan Answer.com. Tools ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan banyak keyword yang sulit ditemukan dengan tools keyword lain. Untuk bisa menggunakannya, cukup dengan mengunjungi websitenya.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian long tail keyword dan cara mencarinya. Selamat mencoba membuat long tail keyword, agar konten menjadi yang teratas di Google.