Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan 3 Fungsi Kata Kunci dalam Artikel

Fungsi kata kunci dalam artikel akan sangat mempengaruhi trafik mesin pencarian Google. Oleh sebab itulah sering terdengar kalimat Riset Keyword.

Istilah ini hadir karena sebuah harapan para blogger agar aktivitas sudah sesuai dengan keinginan pemirsa. Oleh sebab itu, kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah kata kunci tersebut. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari sebuah kata kunci?  

Pengertian Kata Kunci atau Keyword


Saat ini, penambahan blogger pemula semakin meningkat. Tidak heran jika banyak sekali yang mencari informasi tentang cara meriset keyword. Tidak sedikit pula yang telah mempraktikkan saran seniornya.

Akan tetapi, saran tersebut tidak dengan mudah membuahkan hasil. Apa sebenarnya alasan hal tersebut tidak menghasilkan? Tentu saja karena kurangnya pemahaman atau ilmu tentang cara meriset keyword.

Nah, untuk mempermudah cara melakukan riset keyword sebaiknya simak penjelasan tentang pengertian kata kunci terlebih dahulu. 

Jika mendengar kata keyword pastinya semua orang sudah paham apa artinya. Sebab, sudah umum digunakan sebagai istilah yang digunakan.

Meskipun sudah umum dan banyak yang mengetahui kata tersebut, namun masih ada beberapa yang masih tidak mengetahui pengertiannya. Lantas, apa sebenarnya arti kata kunci? Apakah hanya sebagai kiasan, atau memiliki arti penting? 

Keyword atau kata kunci adalah sebuah susunan kata yang kerap diketik oleh sebagian orang di mesin pencari Google. Tentu saja sesuai dengan kebutuhan informasi apa yang sedang dibutuhkan di internet.

Kata inilah yang kemudian akan digunakan sebagai sasaran untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Sebab, mesin pencari telah menyimpan kata kunci mana yang populer dicari oleh banyak orang. 

Fungsi Kata Kunci dalam Artikel 


Keyword atau kata kunci mempunyai fungsi yang sangat penting saat hendak membangun sebuah situs web atau blog. Apalagi seperti zaman sekarang yang telah menggunakan sistem Optimasi SEO.

Artinya, seorang penulis blogspot maupun website wajib mengetahui popularitas kata kunci dengan cara melakukan sebuah riset. Meskipun ada pula sebagian yang mengatakan bahwa yang terpenting dari sebuah konten adalah kualitasnya. 

Hal tersebut memang benar adanya, akan tetapi jika kualitas konten yang sejalan dengan sistem strategi SEO sudah sejalan akan lebih baik.

Mengapa? Tentu saja hal ini akan memudahkan banyak pembaca  menemukan informasi atau konten yang diinginkan.

Agar bisa lebih memahami apa saja fungsi dari sebuah kata kunci untuk masing-masing bagian. Selengkapnya dapat disimak dalam penjelasan di bawah ini :

1. Fungsi Kata Kunci dalam Artikel untuk Mesin Pencari

Kehadiran sebuah kata kunci, akan mempermudah proses penampilan konten yang sesuai keinginan. Dengan kata lain, konten yang ditampilkan akan sangat relevan sesuai keinginan pengguna internet.

2. Fungsi Kata Kunci untuk Blogger

Kata kunci yang sesuai dengan target halam pencari Google, akan menjadikan konten tersebut berada di halaman pertama. Dengan kata lain, konten tersebut sudah dapat bersaing dengan yang lainnya. 

Selain itu, penulis atau pemilik blog akan merasa terpacu kembali untuk dapat menyajikan konten berkualitas lainnya. Sebab, konten atau artikel yang mampu menduduki halaman pertama adalah sebuah pencapaian besar untuk seorang blogger. 

3. Fungsi kata kunci untuk blog

Sebuah situs web atau blog yang dikelola oleh blogger handal tidak menutup kemungkinan mampu bertahan lama di halaman pertama Google. 

Jika hal ini hal ini bertahan cukup lama dan mampu menempati halaman pertama pada setiap konten artikel. Dapat dipastikan akan memiliki harga tinggi. 

Artinya, jika hal tersebut terjadi maka pemilik blog atau website akan memiliki penghasilan yang cukup tinggi hanya dari konten. 

Itulah tiga Fungsi Kata Kunci dalam Artikel yang dapat disampaikan pada konten artikel ini jadi, jangan pernah untuk melewatkan proses riset keyword ya. Semoga bermanfaat!