Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel ? 3 Tips Ini Bisa Membantumu !

3 Tips untuk Mencari Ide Menulis Artikel

Setiap blogger mempunyai cara tersendiri untuk bisa mendapatkan ide dalam membuat artikel. Kalau mungkin masih mengelola satu atau dua blog saja mungkin masih belum merasa kehabisan ide. Berbeda seperti saya yang menulis di berbagai website dan kebanyakan memang milik orang lain dan dengan berbagai niche.

Berbagai niche website yang tentunya karena sudah menjadi pekerjaan saya setiap hari sebagai penulis web, tentunya harus bisa memberikan konten artikel secara berkala setiap harinya. Terlebih pengguna jasa tulis artikel dari saya, kebanyakan meminta mengupdate website mereka setiap hari dan mereka hanya terima jadi.

Yang saya jalankan tentunya dari riset keyword sampai cari gambar pendukung tentu dilakukan sendiri. Memang pada suatu waktu akan ada rasa jenuh dan pastinya sulit untuk menemukan ide apa yang akan dicantumkan menjadi rangkaian kata sebuah artikel. Untuk mengatasi kehabisan ide saat menulis, saya sendiri sudah menyiapkan beberapa tips yang nantinya bisa juga Anda terapkan. Terlebih jika Anda juga seorang blogger maupun penulis artikel bayaran.

Tips Mencari Ide Menulis Artikel Agar Tidak Kehabisan Gagasan Dasar

3 Tips untuk Mencari Ide Menulis Artikel

Dalam menentukan langkah pembuatan artikel, memang ada beberapa hal yang harus terpenuhi. Terlebih bagi seorang penulis artikel SEO. Ini adalah tantanganya, penulis artikel SEO tentu mempunyai dasar - dasar dalam membuat susunan dan rangkaian kata. Mulai dari kata kunci, niche yang akan dibuat, judul maupun subjek dari konten terkait.

Untuk mencari kata kunci ada beberapa tools memang yang bisa Anda gunakan. Kalau ingin lebih mudah dalam menentukan konsep apa yang akan dibuat, jika blog maupun website termasuk niche semacam berita, Anda cukup menggunakan Google Trends saja. Dengan menggunakan Google Trends Anda sudah bisa menemukan berbagai penelusuran yang sedang berlangsung dan bahkan ada volume pencarian dengan kata kunci terkait selama 24 jam terakhir.

Berikut beberapa tips dalam menentukan ide menulis sebuah konten. Ada beberapa sumber maupun patokan agar Anda tidak kehabisan ide. Diantaranya,

1. Mengikuti Blog Maupun Web dengan Niche yang Sama


Ada beberapa website yang tentunya sangat Anda senangi kontennya, jika demikian lakukan follow dan mulai lihat perkembangan update an nya setiap hari. Jika memang ada konten yang bagus, langsung saja buat dengan mengambil konsep pokoknya saja. Anda bisa mencarinya di discover maupun di Google News. Biasanya di kedua platform ini artikel yang paling banyak dibaca dalam waktu sekejap selama artikel dipublish dan masih fresh biasanya akan langsung tampil.

Dengan mengambi konsep pokoknya saja, ide Anda akan langsung bisa tersalurkan ke dalam konten dan blog Anda tidak akan kehabisan ide menulis.

2. Menggunakan Tools SEO


Ada memang tools SEO yang bisa Anda gunakan untuk mencari berbagai kata kunci penelusuran dari berbagai mesin pencari. Dan yang paling banyak tentunya penelusuran dari Google. Contoh alat sederhana yang paling banyak digunakan adalah Ahrefs. Ahrefs mempunyai kemampuan untuk bisa mengambil semua kata kunci kebanyakan pencari yang ada di search engine. Kata-kata yang paling banyak digunakan tentu bisa berpotensi mendatangkan banyak visitor.

Tidak hanya jumlah penelusuran saja, bahkan posisi dari website dengan kata kunci terkait juga akan kelihatan. Bahkan Anda bisa melihat tingkat kesulitan untuk bersaing dengan kata kunci terkait. Jika masih pemula dan masih menggunakan domain baru, sebaiknya gunakan dan buat konten dengan keyword density rendah saja.

Baru jika domain authority Anda sudah besar, barulah menyerang blog lain dengan kata kunci persaingan ketat. Kalau masih domain baru menggunakan kata kunci yang KD nya tinggi, dimungkinkan akan sulit bersaing.

3. Mencari Ide di Sekitar Maupun Lingkungan


Jika masih pusing mencari ide, cobalah keluar beberapa saat atau melihat lingkungan Anda. Amati beberapa pergerakan orang bekerja atau beberapa aktivitas orang lain yang berhubungan dengan konsep yang Anda butuhkan. Misalnya saja Anda sedang membuat artikel tentang konten bisnis, cobalah untuk melihat beberapa aktivitas bisnis seseorang. Lalu kemudian riset kata kunci terkait, jika memang sudah masuk ke dalam konsep yang Anda butuhkan, langsung saja membuat kerangka dan kembangkan artikel.

Dalam membuat artikel memang perlu pemikiran yang jernih. Saya rasa tidak hanya di artikel saja, berbagai konten kreator lainnya pun juga akan merasa jenuh jika pikiran di fokuskan ke pembuatan konten saja dalam 24 jam dan lebih dari 3 hari. Untuk menjaga mood baik, atur pola kerja dan pola pikir serta tetap mempunyai to do list harian. Sehingga target pekerjaan juga selesai, namun pikiran Anda juga tetap bisa rileks.