Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan 3 Tools SEO Gratis, demi Peningkatan Traffic Situs!

Search Engine Optimization (SEO) adalah optimasi web agar mendapatkan peringkat teratas di laman pertama hasil pencarian Google. Bagi penggiat bisnis, memanfaatkan bantuan Google sebagai mesin pencari terbesar, merupakan hal yang wajib. Salah satunya adalah menggunakan tools SEO gratis.

SEO tools sangat membantu mengoptimalkan performa SEO. Selain itu juga memudahkan penggiat bisnis mengambil keputusan terkait SEO. Seperti, mengukur kualitas backlink, melihat performa traffic, memantau link building, dan lainnya.

Gunakan 3 Tools SEO Gratis Demi Peningkatan Traffic Situs


SEO tool dapat membantu  perhitungan rencana strategi SEO, laksana kalkulator. Sedangkan strategi SEO berupa optimasi link building (Off Page) atau optimasi kualitas konten (On Page).

Ada begitu banyak SEO tools yang tersedia, baik gratis, maupun bernayar. Sebelum memutuskan menggunakan salah satunya, ada baiknya gunakan kriteria di bawah ini sebagai patokan memastikan tampilan dan navigasi SEO user-friendly. Sehingga situs lebih ramah pengunjung, bahkan bagi pemula sekalipun.

Kriteria selanjutnya berupa kemampuan menganalisa atau mengumpulkan data dengan lengkap, juga mendukung SEO Off Page dan On Page.  Dan kriteria terakhir adalah memiliki fitur gratis dan fitur premium, dengan masa coba gratis.

Berdasarkan patokan di atas, berikut rangkuman tools SEO gratis terbaik yang dapat dicoba untuk membantu proses optimasi situs:

1. Google Keyword Planner


Google Keyword Planner ada di dalam layanan Google Ads, sehingga dapat dimanfaatkan untuk riset keyword iklan. Cocok bagi content creator yang tengah membuat iklan dan meriset keyword.

Google Keyword memiliki dua fitur utama yaitu Get Search Volume and Forecast (meriset kata kunci di website). Fitur lainnya yaitu Discover New Keyword (menemukan kata kunci baru).

Kedua fitur tersebut sangat efektif membantu optimasi SEO On Page, yaitu meningkatkan kualitas konten yang dibuat. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat informasi penting seperti kata kunci yang relevan. Selain itu juga tingkat kompetisi setiap kata kunci, dan rata-rata volume pencarian untuk kata kunci tersebut.

2. Google Trends


Google Trends bisa mengetahui tren yang tengah berlangsung, juga popularitas kata kunci incaran. Oleh karena itu, Google Trends menjadi SEO tools yang sangat membantu ketika membuat SEO On Page. Sangat cocok bagi content creator sebagai acuan membuat konten terbaik dengan tren terhangat.

Ketika digunakan, Google Trend akan mencari di seluruh Google, seperti Google News, Google Images, Google Shopping, dan YouTube. Sehingga hasilnya akan sangat akurat, dan content creator dapat mengatur strategi pembuatan konten sesuai tren dan kebutuhannya.

Google Trends selain mencari kata kunci populer, juga menambahkan referensi kata kunci baru. Ditambah lagi, kemampuan membandingkan performa kata kunci secara historis dan mengetahui lokasi potensial dari kata kunci tertentu.

3. Google PageSpeed Insight


Hasil riset Google menunjukkan 53% pengguna internet di Indonesia meninggalkan website dengan waktu loading diatas 3 detik. Dari mana hasil ini didapat?

 Dari SEO tool Google PageSpeed Insight, yang menggunakan kriteria penilaian seperti Cumulative Layout Shift (deteksi gerakan elemen di situs). Juga Largest Contentful Paint (waktu ketika konten terbesar, baik teks maupun gambar, mulai muncul di laman web).

Ketika kecepatan situs mulai berkurang, Google PageSpeed Insight akan memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan kecepatan secara optimal. Hal ini sangat penting, karena seringkali pemilik situs tidak menyadari jika situsnya mulai melambat.

Oleh karena itu, gunakan SEO tool seperti Google Pagespeed Insight untuk membantu menjaga performa SEO situs.

3 tools SEO gratis di atas akan sangat membantu maintenance sebuah situs. Baik dalam hal kecepatan, juga penerbitan konten yang trending topik. Manfaatkan semuanya dan jadikan situs user-friendly juga berorientasi pengunjung!