Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memunculkan Kolom Komentar Blogger yang Hilang


Blog atau weblog adalah jurnal online yang berisi informasi dalam bentuk artikel pada halaman web yang seringkali diperbaharui secara berkala. Kendala yang sering dihadapi adalah kolom komentar yang hilang. Simak cara memunculkan kolom komentar blogger yang hilang berikut ini.

Namun sering kali kolom tersebut tak ada jika blog diakses dari ponsel. Ketika dicek melalui PC atau desktop, kolom komentar kembali ada. Hal yang cukup membingungkan, terlebih jika setelah mengecek setting blog dan pengaturan posting, segala sesuatunya sudah sesuai dengan aturan.

Cara Memunculkan Kolom Komentar Blogger yang Hilang

Sebuah artikel dalam blog akan naik ratingnya jika banyak pengunjung yang menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Pengunjung blog dapat mengajukan pertanyaan tertulis di kolom yang telah disediakan, dan penulis dapat menjawabnya.

Sehingga kolom ini kemudian menjadi ruang interaksi pengunjung dan pemilik blog untuk berdiskusi mengenai artikel terkait. Tanpa kolom komentar, tak ada yang dapat memastikan artikel di blog benar-benar dibaca pengunjung. 

Alasan Pentingnya Mengetahui Cara Memunculkan Kolom Komentar Blogger yang Hilang

Komentar bahkan diyakini sebagai salah satu elemen penting dalam sebuah blog. Jumlah komentar secara visual dapat menunjukan kepada pengunjung baru, blog yang tengah dikunjunginya memiliki artikel yang bagus, juga respon yang cepat, untuk kemudian tertarik melihat artikel lain dalam blog.

Ramainya komentar dalam blog secara tidak langsung menunjukan artikel tersebut benar-benar dibaca oleh pengunjung. Ketika pengunjung merasa terbantu dalam menyelesaikan masalahnya, biasanya akan mengisi kolom komentar untuk sekedar berterima kasih. 

Atau menunjukkan ketertarikan pada isi artikel  dengan memberikan pertanyaan lebih jauh. Bahkan ada sebagian pengguna menyatakan bahwa bisa jadi ada kata kunci dalam komentar yang menjadi validasi Google. Sehingga dapat mendongkrak rating artikel.

Rumornya, jika kolom ini hilang, akan dapat mengurangi rating artikel di Google. Jadi ketika kolom artikel hilang, maka dapat dipastikan pemilik blog akan bingung mencari sebab dan solusinya.

Detail Cara Memunculkan Kolom Komentar Blogger yang Hilang

Ada baiknya cek ketersediaan kolom komentar dalam blog di berbagai perangkat, baik versi mobile, tablet, atau PC. Karena beda perangkat, bisa jadi beda settingan. Bukan tidak mungkin kolom komentar muncul di PC dan tablet, namun tidak terlihat di ponsel. Jika ini terjadi, ikuti cara memunculkan kolom komentar blogger yang hilang berikut:

  1. Buka Blogger.com, lalu klik Tema, kemudian klik Edit HTML.
  2. Setelah laman HTML muncul, lakukan pencarian dengan mengklik ctrl+f.
  3. Setelah itu, salin kode ]]></b:skin> pada kolom pencarian. 
  4. Salin script berikut di atas script  ]]></b:skin>


.mobile .blogger-iframe-colorize {
display: block !important;
}.blogger-iframe-colorize {
display: block !important;
}
      5. Langkah terakhir dalam cara memunculkan kolom komentar blogger yang hilang adalah klik          Simpan Tema, lalu keluar dari Mode HTML dengan klik Kembali.

Setelah selesai, cek artikel menggunakan versi mobile. Pastikan bahwa kolom komentar kini sudah tersedia pada versi mobile. Jika kolom komentar yang hilang tidak langsung diusahakan, terutama versi mobile, maka akan merugikan pemilik blog secara immateril.

Pertama, traffic pengunjung blog yang kini jauh lebih banyak berselancar dari ponsel. Pengunjung yang akan merespon artikel bisa mengurungkan niatnya karena tidak dapat menemukan kolom komentar.

Alhasil, artikel akan terlihat sepi dan kurang menarik. Padahal jika dikunjungi dari perangkat lain, seperti tablet atau PC, artikel tersebut sangat ramai. Sangat disayangkan, bukan?

Ketika kolom komentar dalam sebuah artikel blog tiba-tiba hilang terutama saat diakses melalui ponsel, kini tak perlu bingung lagi. Ikuti langkah-langkah diatas sebagai cara memunculkan kolom komentar blogger yang hilang.