Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Linux yang Ringan untuk PC Spesifikasi Rendah

7 Linux yang Ringan untuk PC Spesifikasi Rendah

Linux yang ringan merupakan idaman setiap pengguna laptop ataupun PC. Bagaimana tidak, sebab dengan kapasitasnya yang ringan, maka perangkat-perangkat lama tetap bisa beroperasi dengan baik. Seiring berkembangnya zaman, Windows pun semakin berkembang. Versi Windows terbaru, memang memiliki kecanggihan, namun dibalik kesempurnaan tersebut memerlukan hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi pula.

Apalagi jika perangkat yang dimiliki sudah tua, pasti sudah pasrah dan bakal menjadi rongsok. Sebaiknya berpikir ulang, sebab ternyata  perangkat tua tersebut masih bisa beroperasi. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menggunakan Linux yang versinya lebih ringan. Penasaran bukan, berikut adalah ulasannya.

Jenis-Jenis Linux Yang Ringan

7 Linux yang Ringan untuk PC Spesifikasi Rendah

Untuk yang memiliki perangkat yang sudah berumur, bahwasanya jangan berkecil hati. Kenyataannya piranti tersebut masih bisa digunakan loh. Jadi meski berumur, namun tetap bisa beroperasi optimal kecepatan serta aman. Selain itu komputer juga tidak akan ngelag. Linux seperti apa yang bisa beroperasi untuk perangkat tua? Berikut ulasannya.

    1. Jenis Linux Lite

Lite pada umumnya biasanya memasang aplikasi yang ringan. Begitu juga dengan Linux Lite ini merupakan perangkat yang ringan. Jadi apabila computer ternyata sudah tidak mampu untuk menjalankan sistem dari Windows XP, maka bisa dengan Linux Lite. Dijamin akan lancar tanpa ngelag.

Linux Lite ini juga memiliki dukungan untuk jangka panjang. Restorasinya juga terus berkembang, sehingga akses menuju software lain juga banyak. Jadi jangan buang piranti lawasnya, bisa dengan menggunakan Linux Lite sebagai solusinya.

    2. Linux Ubuntu Mate

Linux yang ringan selanjutnya yang bisa menjadi solusi untuk perangkat lawas adalah Linux Ubuntu Mate. Meski masuk ke dalam spesifikasi berat, namun jenis mampu bekerja pada perangkat lawas. Karena sistemnya yang stabil, tetap bisa untuk perangkat komputer yang baru ataupun lawas.

    3. Linux Lubuntu

Lubuntu memiliki sistem operasi cepat dan juga ringan. Dengan basis kernel cocok untuk system pada perangkat lama. Huruf “L” pada nama Lubuntu sendiri memiliki arti Lite yang artinya Lite atau ringan. Lubuntu ini memiliki nilai yang lebih disbanding lainnya.

Dengan Ubuntu Software Center maka bisa melakukan installing  terhadap perangkat yang compatible. Yang mana sekaligus mampu memberikan akses paket tambahan lainnya. Software pre installed yang penting seperti halnya Mozilla, PDF, Burner, MP3, Word processor dan yang lainnya.

    4. Linux Bodhi

Linux ringan lainnya yang compatible dengan perangkat lawas adalah Bodhi Linux. Setelah diinstall dan dijalankan nantinya terbatas kemaouan hardwarenya. Bodhi Linux ini hanya mampu berjalan dengan 500 MHz processor saja.

Untuk Linux jensi ini memakai Moksha Desktop, yang artinya adalah emansipasi dengan pendekatan hardware untuk kelas bawah. Karena tidak dengan hardware pra installnya, maka untuk file ISOnya tidak mencapai 1 GB.

Namun keunggulannya adalah tetap bisa mengakses software yang gratis. Bodhi Linux ini memang sangat cocok untuk hardware kelas rendah dan mampu memberikan akses yang baik.

    5. Linux LXLE

Untuk LXLE ini menggunakan sistem lingkungan desktop LXDE juga dan berbasis Long Term Support. LXLE ini menekankan stabilitas serta dukungan terhadap hardware untuk jangka panjang. Slogan dari LXLE ini yaitumebangkitan dan memberikan fitur pada perangkat yang sudah lama.

LXLE sendiri mendukung system Btrfs. Sebab memang LXLE ini diperuntukkan untuk menghidupkan komputer kelas bawah. Linux jenis ini juga hadir dengan perangkat pra install browser, game, aplikasi perkantoran dan yang lainnya.

    6. Linux Vector

Linux Vector ini memiliki versi yang ringan, sebab menggunakan desktop berbeda yaitu iceWM Window Manager. Linux Vector ini berbasis Slackware yang bisa sekaligus dengan aplikasi GTK+. Namun bisa juga dengan menambah dan menginstall software yang lain dengan memakai manajemen Gslapt. 

    7. Linux SliTaz

Linux SliTaz juga bisa melakukan booting, namun dengan menggunakan website. Linux jenis ini bisa digunakan untuk perangkat komputer lawas meski RAM nya hanya 256 MB. Bisa juga untuk perangkat Raspberry Pi ataupun perangkat yang RAMnya hanya 20 MB saja.

Jika ingin menghidupkan kembali perangkat lawas di rumah, bisa mencoba salah satu Linux yang ringan di atas. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kapasitas penggunaan setiap hari. Dengan begitu perangkat lama pun bisa berguna kembali.