Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghapus Akun OVO yang Sudah Terdaftar

Cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar sangatlah mudah, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap. Namun, kosongkan saldonya terlebih dahulu agar tidak hangus.

OVO termasuk salah satu dompet digital yang banyak penggunanya. Selain membuat transfer semakin mudah, pengguna bisa mendapatkan voucher menarik. Namun, tidak mungkin juga setiap pemakainya akan menggunakan OVO selamanya. Maka dari itu, sering dipertanyakan bagaimana cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar?

Pembahasan kali ini akan menjabarkan hal tersebut dengan detail dan lengkap. Jadi, terus simak dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar. Dengan begitu, data diri yang sudah terdaftar juga akan ikut terhapus.

6 Cara Menghapus Akun OVO yang Sudah Terdaftar

Ada beberapa langkah untuk menghapus akun OVO secara permanen. Caranya tidaklah sulit, jadi masing-masing pengguna bisa melakukannya sendiri. Berikut ini tahapan-tahapannya.

    1. Kosongkan Saldo

Jika akun OVO sudah terhapus, maka semua data akan menghilang. Begitupun dengan saldo yang pengguna miliki. Maka dari itu, sebelum memulai langkah menghapus akunnya, pastikan saldo benar-benar kosong.

Jika ternyata masih tersisa banyak, maka bisa memindahkannya ke rekening. Bisa ke ATM sendiri atau titip ke rekening orang lain. Namun, jika hanya sedikit, bisa menghabiskannya dengan membeli pulsa.

    2. Menghapus Data di Aplikasi OVO

Untuk memastikan bahwa data diri akan terhapus, pengguna bisa melakukannya hal itu di aplikasi OVO. Caranya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke pengaturan ponsel. Kemudian, menuju ke menu aplikasi dan cari OVO. Selanjutnya, pilih opsi Hapus Semua Data.

    3. Uninstall Aplikasi

Langkah berikutnya, pengguna bisa menghapus aplikasi OVO dari ponsel dengan cara mencopot pemasangannya. Namun, hal ini belum menghapus akun secara permanen dan masih ada langkah selanjutnya. Maka dari itu, pastikan membacanya dengan lengkap.

    4. Mengirimkan Email ke Layanan Resmi OVO

Jika pengguna ingin melakukan penghapusan akun secara permanen, maka bisa melakukan konfirmasi ke layanan OVO. Caranya dengan mengirimkan email ke cs@ovo.id dengan subject menonaktifkan akun OVO.

    5. Menunggu Balasan dari Pihak OVO

Setelah mengirimkan email, maka cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar selanjutnya adalah menunggu balasan. Biasanya, isi balasan berisi langkah-langkah berikutnya yang harus pengguna penuhi.

Diantaranya harus melampirkan nomor telepon yang masih aktif, foto KTP, serta foto selfie memegang KTP tersebut. Selain itu, pada balasan tersebut terdapat pertanyaan, kapan pengguna bisa dihubungi untuk melakukan verifikasi. Waktu layanannya biasanya dari pukul 8 pagi sampai 8 malam.

    6. Proses Verifikasi

Setelah pengguna mengirimkan balasan dengan ketentuan di atas, maka tinggal menunggu telepon dari pihak OVO. Tujuannya untuk melakukan verifikasi penghapusan akun.

Pada umumnya akan ada beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti nama lengkap, nama ibu (kandung), nomor KTP. Selain itu juga ditanyakan mengenai nomor telepon dan email yang terhubung dengan akun OVO.

Pertanyaan juga berkaitan dengan transaksi berakhir dan sisa saldo, serta OVO Point. Setelah semua pertanyaan selesai, maka pengguna akan diminta untuk menunggu proses penghapusan. Biasanya maksimal dalam waktu 5 hari kerja. Jika akun sudah selesai diproses, akan ada pemberitahuan dari pihak OVO.

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menghapus Akun OVO

Cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar sangatlah mudah, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap. Namun, kosongkan saldonya terlebih dahulu agar tidak hangus.

Selain mengosongkan saldo OVO, ada beberapa hal lainnya yang perlu pengguna pastikan. Dengan begitu, tidak merasa beban setelah akun benar-benar terhapus. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan.

    1. Kosongkan OVO Points jika masih ada yang tersisa, karena jika akun telah tersebut, poin tersebut akan hangus. Jadi, pastikan sudah benar-benar 0 agar nantinya tidak kepikiran.

    2. Jika pengguna masih memiliki tanggungan pada fitur PayLater, maka harus melunasinya terlebih dahulu. Sebab, itu termasuk utang yang wajib dibayar.

    3. Melakukan pencairan investasi. Hal itu jika pengguna berpartisipasi dalam OVO Invest.

    4. Memutuskan akun OVO dengan aplikasi-aplikasi yang terkait. Misalnya pada Matahari Card atau MCC, HiCard, Tokopedia, Kudo, Grab, First Media, dan lain sebagainya.

Jika menggunakan email menurut pengguna masih terlalu rumit, maka ada cara praktis lainnya. Caranya dengan menghubungi Call Center OVO, yaitu 1500 696. Pengguna bisa melakukannya kapan saja, karena melayani 24 jam.

Jika ingin melakukan cara menghapus akun OVO yang sudah terdaftar dengan langkah tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah nomor telepon harus menggunakan yang terdaftar pada akun OVO. Selanjutnya, tinggal mengutarakan tujuannya bahwa ingin menghapus akun OVO.