Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Emulator Android yang Ringan, Berikut Rekomendasinya

5 Emulator Android yang Ringan, Berikut Rekomendasinya
5 Emulator Android yang Ringan
Emulator Android yang ringan sangat membantu bagi gamer untuk memainkan game yang biasanya  di smartphone ke PC atau laptop. Beberapa alternatif mudah di kostumisasi.

Saat bermain game, tiba-tiba mengalami lag atau terhenti, tentu sangat mengecewakan. Apalagi jika terjadi saat bertanding. Pasti gamer rugi sekali. Emulator dapat mengatasinya. Permainan yang biasa dimainkan menggunakan Android bisa dengan nyaman berjalan pada PC atau laptop.

Emulator Android yang Ringan

5 Emulator Android yang Ringan, Berikut Rekomendasinya

Emulator merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara pemain dengan game ketika memainkannya. Aplikasi ini dapat berguna untuk bermain permainan konsol dengan sistem operasi lama. Biasanya jenis ini sudah tidak diproduki. Ada dua macam yang tersedia:

    • Hanya dapat mengemulate satu jenis sistem atau single system

    • Dapat mengemuate beberapa sistem sekaligus atau  multi system emulator

Penggunaan emulator pada game membuatnya terasa ringan dan permainan dapat maksimal. Selain itu beberapa orang menggunakannya untuk menguji aplikasi yang dibuat. Fungsinya yang beragam menjadikan banyak orang mencari dan mendownloadnya.

Banyak pilihan  emulator membuat calon pengguna lebih leluasa memilih. Namun harus sesuai dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya.  Perkembangan aplikasi ini juga tergolong cepat dengan bukti semakin banyaknya jenis baru yang dirilis.

Semakin ringan emulator maka kinerja perangkat akan bertambah nyaman. Saat ini tersedia banyak jenis aplikasi ini. Pengguna dapat mendownloadnya secara gratis di Google Play Store. Gamer dan developer perlu mencoba beberapa rekomendasi berikut:

BlueStacks

Emulator ini paling populer dan banyak penggunanya karena mempunyai fitur dengan kualitas sangat baik. Ada dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Kelemahan versi pertama adalah saat penggunaan sering muncul iklan. Spesifikasi perangkat yang tersedia minimal Windows 7 dengan RAM 2 GB dan storage 5 GB.

Game Loop

Dari namanya pasti dapat menebak bahwa aplikasi ini penggunaan utamanya untuk platform game. Emulator Game Loop membuat tampilan layar terlihat luas dan besar. Gamer juga lebih mudah mengontrol permainan dengan keyboard dan mouse.

Nox Player

Gamer pasti merasa dimanjakan oleh emulator ini. Pengguna dapat dengan mudah mendownload game atau aplikasi lain dari Google Play Store. Terlebih tidak hanya satu, beberapa permainan dapat dimainkan sekaligus bersamaan. Asyiknya lagi, hanya membutuhkan spesifikasi perangkat yang ringan, yaitu 1,5GB dan storage 1,5 GB.

AndY

Jika beberapa emulator sebelumnya cocok untuk PC atau laptop berbasis Windows, Andy dapat juga berjalan pada MAC. Kemudian yang lebih menguntungkan, aplikasi ini termasuk sering melakukan update untuk meningkatkan fitur OS Android. Sebagai tambahan, gamer juga dapat menggunakan smartphone sebagai joystick.

WhatsApp dan SnapChat terasa beda ketika menggunakan emulator ini. Sayangnya tidak seperti aplikasi lain yang hemat ruang, Andy memerlukan minimal 3 GB RAM dan sisa storage 10 GB 

Memu Play

Emulator ini dapat menambah kenyamanan dalam bermain game. Proses download dan menjalankan aplikasi di PC atau laptop juga bertambah menyenangkan.  Kelebihannya interface menarik, performa ringan, dan tidak perlu RAM besar. Memilih Memu Play adalah pilihan yang tepat.