Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Video biasanya memiliki arti tersendiri bagi pemiliknya, apalagi video tersebut juga menyimpan beribu kenangan. Namun, terkadang video  tersebut tidak sengaja terhapus. Sehingga bisa bikin kesal dan sedih. Jangan khawatir,  kini ada cara mengembalikan video yang terhapus di android. Bahkan sekalipun video tersebut terhapus secara permanen. 

Ternyata untuk mengembalikan video hilang sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan tanpa bantuan alat lainnya. Misalnya saja komputer atau laptop. Bahkan bisa memakai smartphone android, dan bisa mencoba pada berbagai merk ponsel yang ada di Indonesia. Bagaimanakah caranya? Berikut ulasan lengkapnya. 

3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android tanpa Memakai Aplikasi
3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Perlu diketahui bahwa video yang sudah terhapus sebenarnya tidak benar-benar hilang dari android. Jadi tidak perlu bingung dan khawatir, karena ada cara mengembalikan video yang terhapus di android. Sehingga video tersebut bisa terselamatkan. Penasaran caranya, ikuti langkahnya di bawah ini. 

1. Fitur Recycle Bin

Bukan hanya pada laptop dan PC saja yang mempunyai fitur Recycle Bin. Kini smartphone juga memiliki fitur tersebut. sehingga video yang baru saja terhapus akan masuk dan tersimpan pada folder Recycle Bin. Selanjutnya akan segera dipulihkan sebelum terhapus selama satu bulan penuh. 

Pengguna smartphone bisa menemukan fitur Recycle Bin pada File Manager. Buka foldernya, dan cari video yang akan dikembalikan. Jika sudah ketemu, klik videonya dan klik tombol Restore. Maka video tersebut akan masuk kembali pada folder Gallery di smartphone. 

2. Google Photos

Seringkali ada penyesalan ketika video sudah terhapus sejak lama. Penyesalan tersebut datang saat benar-benar membutuhkan video tersebut. Jangan khawatir, karena ada cara baru untuk mengembalikan video yang sudah terhapus dalam waktu yang lama atau permanen. Yaitu dengan mencarinya di Google Photos. 

a. Cari video yang terhapus

Setiap kali mengambil foto atau video melalui ponsel android, maka secara otomatis akan tersimpan pada Google Photos. Ketika tidak menemukan video dalam folder recycle Bin, maka coba untuk mencarinya di Google Photos. 

b. Download kembali

Tanpa memakai aplikasi sudah bisa mengembalikan video yang terhapus. Caranya cari di Google Photos. Sesudah menemukan video yang dicari dalam Google Photos. Maka download kembali video tersebut. 

3. Memakai icloud

Cara ini  hanya bisa dilakukan pada pengguna Apple. Video yang akan diambil otomatis dicadangkan dalam folder iCloud. Cara mengembalikannya juga sama ketika menggunakan Google photos. Yaitu mencari video yang dimaksud, kemudian di download kembali. 

Itulah 3 cara untuk mengembalikan video yang terhapus. Entah karena tidak sengaja atau hal lainnya. Cara-cara di atas tidak memakai aplikasi, karena sudah terdapat fiturnya dalam setiap smartphone. Selanjutnya adalah cara mengembalikan video dengan memakai aplikasi. 

2 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan Memakai Aplikasi
3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Selain cara di atas, ternyata ada juga cara mengembalikan video yang terhapus di android dengan memakai aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk bisa mengembalikan video yang sudah terhapus. Apa saja aplikasinya,, ikuti ulasan lengkapnya. 

1. Aplikasi DigDeep Image Recovery

Merupakan salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk bisa mengembalikan berbagai macam file yang sudah terhapus, misalnya saja video. Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Buka aplikasi, kemudian lakukan pemindahan data yang sudah terhapus. Pengguna juga bisa memeriksa video yang sudah hilang untuk dikembalikan. 

2. Aplikasi GT Recovery

Selain aplikasi Digdeep, ada juga aplikasi lain terbaik di android. Tentu saja aplikasi tersebut juga bisa mengembalikan file video yang terhapus. Namanya adalah GT recovery. Awal penggunaan aplikasi ini menggunakan root, namun sekarang tidak perlu memakai root lagi. 

Cara penggunaannya juga mudah. Cukup lakukan pemindaian otomatis pada file video yang terhapus. Bukan hanya video saja yang bisa dikembalikan. Bisa juga untuk memunculkan kembali data lainnya. Seperti kontak, sms, dan bias juga password WiFi. 

Dari dua cara mengembalikan video yang terhapus di android dengan aplikasi atau tidak, silakan pilih yang sesuai dengan kemampuan. Kini tidak akan lagi panik dan bingung ketika ada video terhapus baik sengaja atau tidak. Karena ada dua cara atau metode untuk bisa mengembalikan video tersebut.