Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memperbaiki Android yang Bootloop

cara memperbaiki android yang bootloop

Cara memperbaiki Android yang bootloop sebenarnya sangat mudah, namun tidak semua orang mengerti dengan sistem ponsel pintar yang satu ini. Android adalah sebuah sistem ponsel cerdas yang mempunyai skema open source. Artinya sistem ini bisa dikembangkan oleh berbagai pihak. Alasan sistem operasi yang open source inilah yang membuat ponsel tipe Android marak dijual di pasaran dengan berbagai merek dari berbagai vendor smartphone.

Salah satu masalah yang sering dihadapi banyak pengguna Android diantaranya adalah bootloop. Bootloop adalah sebuah kondisi dimana Android tidak dapat masuk ke menu utama dan bahkan hanya sampai logo booting saja. Keadaan semacam ini bisa membuat Android tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Penyebab Android Bootloop

cara memperbaiki android yang bootloop

Ada banyak penyebab dan faktor yang bisa mengakibatkan Android Anda mengalami bootloop. Misalnya saja,

Crash System

Android memang selalu mengalami banyak perubahan yang cepat setiap waktu. Ini terlihat dari perkembangan jenis pembaharuan Android yang begitu cepat sampai saat ini. terlebih sistem yang satu ini juga dipadukan dengan konsep launcher maupun berbagai aplikasi dari pihak pengembang. Misalnya saja pada Android ponsel tipe Xiaomi. Xiaomi memadukan Android dengan sebuah launcher andalanya yaitu miui.

Jika ada pembaharuan dan Anda tidak memperbaharuinya, biasanya akan ada beberapa bug yang akan menjadi kendala pada ponsel Anda. Salah satunya adalah bootloop. Atau kadang juga Android bisa bootloop karena update sistem terbaru yang belum fix dan masih banyak bug. Jika demikian lakukan pembenahan sistem sesuai dengan tipe firmware ponsel Anda.

Root

Salah satu aktifitas yang memaksa ponsel untuk masuk ke dalam administrator sistem adalah rooting. Proses ini memang bisa membuka semua hak akses yang ada di dalam sistem Android. Namun jika memang belum mengerti tentang sistem operasi dan masih memaksa untuk mengedit sistem utama, ada kemungkinan bootloop bisa langsung terjadi.

Root memang bisa membuka hak akses semua sistem Android. Namun ini hanya untuk para developer saja. Jika memang Anda sudah terlanjur membuka hak akses root dan belum mengerti sistem adiministrator Android, sebaiknya lakukan unroot dan segera hapus super usernya.

Gagal Flashing

Efek gagal flashing juga bisa mengakibatkan ponsel Android langsung tidak bisa masuk ke dalam menu utama. Paling cuma akan masuk ke dalam logo booting dan hanya stucck di logo ini saja. Bahkan bisa langsung panas dan menghabiskan daya baterai. Penyebab gagal flashing tentu ada banyak. Salah satunya terkait dengan firmware yang memang tidak cocok dengan jenis ponsel yang Anda miliki.

3 Cara Memperbaiki Android yang Bootloop


cara memperbaiki android yang bootloop

Jika memang Android Anda saat ini sedang mengalami bootloop, jangan khawatir dan jangan terlalu terburu-buru untuk langsung ke tukang service ponsel. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan beberapa teknik cara memperbaiki Android yang bootloop di bawah ini,

Wipe Reset dan Wipe Cache Melalui Recovery

Ponsel Android memiliki pintu masuk ke sistem recovery mode. Recovery mode ini berfungsi untuk melakukan beberapa aktifitas ketika tidak bisa masuk ke dalam menu utama. Misalnya saja Android Anda sedang mengalami bootloop. Di dalam menu revocery mode ini ada banyak opsi. Diantaranya untuk melakukan wipe reset dan wipe cache atau pun update sistem Android.

Untuk masuk ke dalam menu recovery mode Android, semua Android tidaklah sama. Untuk ponsel Android tipe samsung yang masih menggunakan tombol home maka matikan ponsel dan tekan tombol volume (+) , Home dan Power secara bersamaan. Untuk ponsel yang tidak menggunakan tombol home matikan ponsel dan tekan power kemudian (+) secara bersamaan. Pada beberapa ponsel ada yang menggunakan perpaduan tombol home dan (-).

Untuk menggunakan recovery mode ini harus menggunakan tombol, karena memang tidak akan bisa menggunakan recovery mode dengan mode touch. Kecuali memang sudah menggunakan recovery sistem yang sudah di modifikasi. Misalnya saja menggunakan TWRP. Untuk memilih opsi menggunakan tombol volume. Untuk konfirmasi opsi menggunakan tombol power.

Resiko ketika melakukan wipe reset dan wipe cache dari menu recovery mode ini akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel Anda. Untuk itu cabut kartu provider dan memori yang ada di dalam ponsel. Jika sudah lakukan wipe reset dan wipe cache kemudian lakukan reboot. Ponsel Anda akan kembali ke pengaturan pabrik dan masih kosong seperti waktu pertama Anda beli.

Flash Firmware

Flashing adalah satu cara mengembalikan firmware yang memang sudah rusak. Terjadinya crash ataupun ada file sistem yang terhapus memang bisa berakibat fatal., Untuk melakukan flashing sebaiknya gunakan firmware resmi dan menggunakan tools resmi sesuai anjuran dari pihak vendor ponsel Anda. Jika menggunakan custom room yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel, di khawatirkan Android Anda bisa mengalami hard brick dan tidak dapat difungsikan kembali.

Update System Android

Jika memang sudah ada pemberitahuan untuk update sistem namun tidak sempat untuk memperbaharui dan sudah terlanjur bootlop, download sistem update secara manual dan letakkan di sd card. Kemudian lakukan update sistem melalui recovery mode. Untuk masuk ke dalam recovery mode sudah saya terangkan caranya diatas.

Sekian cara memperbaiki Android yang bootloop dengan berbagai metode dasar tanpa perlu pergi ke tukang service ponsel. Semoga bermanfaat !